Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Way Kanan

Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Way Kanan

Way Kanan, - Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Way Kanan di Aula RSUD Zainal Abidin Pagar Alam. Senin 01 Februari 2021.

Hadir dalam Pencanangan Vaksinasi tersebut, Bupati Way Kanan, Sekda, Para Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala Badan, Kepala Dinas, dan Kepala Bagian dilingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, Anggaota Forkopimda, Tokoh Agama, tokoh masyarakat, dan Peserta Penyuntikan Vaksin Covid-19.

Dalam Sambutan Tertulisnya, Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M., memyampaikan bahwa, penetapan pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) sebagai bencana non-alam dan Pemerintah telah mengumumkan kasus konfirmasi pertama COVID-19 di Indonesia pada awal Maret 2020. Dalam rentang waktu satu bulan, seluruh provinsi di Indonesia telah melaporkan kasus konfirmasi. Penyebaran COVID-19 tidak hanya terjadi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan kota-kota besar lainnya, namun telah menyebar hingga ke pedesaan bahkan di daerah terpencil. 

"Oleh karena itu, perlu segera dilakukan intervensi tidak hanya dari sisi penerapan protokol kesehatan namun juga diperlukan intervensi lain yang efektif untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit melalui upaya pemberian vaksinasi."tegas Adipati.

Vaksinasi merupakan upaya kesehatan masyarakat paling efektif dan efisien dalam mencegah beberapa penyakit berbahaya. Sejarah telah mencatat besarnya peranan vaksinasi dalam menyelamatkan masyarakat dunia dari kesakitan, kecacatan bahkan kematian akibat Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Vaksinasi (PD3I), seperti Cacar, Polio, Tuberkulosis, Hepatitis B yang dapat berakibat pada kanker hati, Difteri, Campak, Rubela dan Sindrom Kecacatan Bawaan Akibat Rubela (Congenital Rubella Syndrome/CRS), Tetanus pada ibu hamil dan bayi baru lahir, Pneumonia (radang paru), Meningitis (radang selaput otak), Kanker Serviks yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus dan Japanese Encephalitis (JE).

Dalam vaksinasi terdapat konsep Herd Immunity atau Kekebalan Kelompok. dan Kekebalan Kelompok hanya dapat terbentuk apabila cakupan vaksinasi pada sasaran tinggi dan merata di seluruh wilayah. Sebagian besar sasaran yang telah kebal tersebut secara tidak langsung akan turut memberikan perlindungan bagi kelompok usia lainnya, sehingga jik ada satu atau sejumlah kasus PD3I di masyarakat maka penyakit tersebut tidak akan menyebar dengan cepat dan Kejadian Luar Biasa (KLB) dapat dicegah.

Lanjut Adipati, "Konsep ini merupakan bukti bahwa program vaksinasi sangat efektif juga efisien karena hanya dengan menyasar kelompok rentan maka seluruh masyarakat akan dapat terlindungi. Upaya pencegahan melalui pemberian program vaksinasi jika dinilai dari sisi ekonomi, akan jauh lebih hemat biaya, apabila dibandingkan dengan upaya pengobatan."paparnya.

Dalam pelayanan vaksinasi Covid-19 tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yaitu dengan menerapkan upaya Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) dan jarak aman 1 s/d 2 meter.

"Pemberian Vaksinasi Covid-19 yang pertama di Kabupaten Way Kanan secara simbolis, dan akan di ikuti secara bersamaan pelaksanaan imunisasi vaksin Covid-19 di seluruh Fasilitas Kesehatan di Kabupaten Way Kanan."ucap Adipati.

Bupati juga berharap, masyarakat tidak perlu takut dan khawatir karena pejabat sudah melaksanakan dan di  imunisasi Covid-19 terlebih dahulu, agar pelaksanaan imunisasi Covid-19 di Kabupaten Way Kanan dapat di lakukan secara aman dan lancar.(*/Tra)

Way Kanan Lampung
Putra

Putra

Previous Article

Foto: Ucapan Selamat Harlah NU Ke-95 Dari...

Next Article

Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, Pemkab...

Related Posts

Peringkat

Profle

INDONESIA SATU verified

Ratna Palupi

Ratna Palupi

Postingan Bulan ini: 145

Postingan Tahun ini: 653

Registered: Jan 24, 2021

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 124

Postingan Tahun ini: 907

Registered: Sep 22, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 122

Postingan Tahun ini: 558

Registered: Feb 19, 2021

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 86

Postingan Tahun ini: 387

Registered: Sep 25, 2020

Profle

Widian.

LIRA Aceh Tenggara Desak Kapolres Ungkap Misteri Tewasnya Wanita Muda Di Villa Ketambe
Pergi Malam Masih Sehat, Pulang Pagi Janda Muda Di Aceh Tenggara Sudah Jadi Mayat
Warga Amaliah Geger, Temukan Mayat Yang Sudah  Membusuk
Tim Reskrim Polres Nias Lakukan Cek TKP, Pj.Kades dan Bendahara Desa Miga Tidak Hadir
banner

Follow Us

Recommended Posts

Hadiri Pengukuhan DPP ISORI, Tarmizi Perkenal Pickleball ke Menpora Zainudin Amali
Tony Rosyid: Politik Identitas, Mengapa Dipersoalkan?
Prof. Dr. Syahrial Bakhtiar Resmi Jadi Ketua Umum Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia (ISORI)
Kapolri Copot Kewenangan Penyidikan 1.062 Polsek se-Indonesia
Kukuhkan Pengurus Pusat ISORI, Menpora Amali: Olahraga Sangat Penting di Saat Pandemi Covid-19 Ini