Rapat Koordinasi Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak

Rapat Koordinasi Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak

WAY KANAN - Rapat Koordinasi Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak bertempat di Ruang Rapat Utama Setda Way Kanan, Selasa(16/03/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Instansi Vertikal, Camat Blambangan Umpu, Anggota Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak.

Sambutan tertulis Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Saipul, S.Sos., M.IP.

Setiap kali menelaah masalah sosial anak selalu timbul keprihatinan yang mendalam, seperti banyaknya anak menanggung resiko akibat kelalaian orang dewasa dalam melindungi mereka. Dengan kondisi tersebut bangsa Indonesia memerlukan adanya suatu model pembangunan yang mempertimbangkan pemenuhan hak-hak dan kebutuhan anak sejak proses perencanaan, implementasi hingga pengawasan dan penilaiannya, model pembangunan yang tepat untuk pemenuhan hak-hak anak adalah kebijakan kabupaten/kota layak anak.
 
Kebijakan kabupaten/kota layak anak adalah sistem pembangunan suatu wilayah administrasi yang mengintegrasikan komitmen dan sumberdaya pemerintah dan dunia usaha dalam rangka memenuhi hak-hak anak yang terencana, menyeluruh dan berkelanjutan melalui Pengarusutamaan Hak-Hak Anak (Puha).

Dengan lahirnya kebijakan kabupaten layak anak diharapkan dapat menciptakan keluarga yang sayang anak, kelurahan layak anak, kecamatan dan kabupaten layak anak sebagai pra syarat untuk memastikan bahwa anak tumbuh dan berkembang dengan baik, terlindungi haknya, dan terpenuhi kebutuhan pisik dan psikisnya.

Hal ini dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Dalam Pasal 4 disebutkan bahwa setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. 

Pada tahun 2019 Kabupaten Way Kanan berhasil mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak dengan tingkat Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Pada Tahun 2021 ini Kabupaten Way Kanan kembali mengikuti evaluasi penilaian Kabupaten Layak Anak.

Bupati Way Kanan melalui Sekdakab menyampaikan harapannya kepada gugus tugas KLA Kabupaten Way Kanan, agar bisa meraih penghargaan yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Saya berharap kita dapat meraih penghargaan yang lebih tinggi dari tahun 2019." Harapnya.

Lebih lanjut, "Hal ini akan terwujud dengan adanya komitmen para anggota Gugus Tugas KLA di Kabupaten Way Kanan untuk mengimplementasikan kebijakan pemenuhan hak anak dan perlindungan terhadap anak secara menyeluruh dan berkelanjutan sesuai dengan indikator KLA yang ada."paparnya.

"Kepada SKPD/Instansi Vertikal untuk memberikan data-data yang dibutuhkan dalam penginputan serta menunjuk 1 (satu) orang yang bertanggung jawab terhadap data-data tersebut, karena dari informasi dan data yang saudara sampaikan itulah kita melihat sudah sampai sejauh mana kita melakukan upaya-upaya terhadap pemenuhan hak-hak anak."tegas Sekda.

Diakhir penyampaiannya Sekda, mengucapkan, "Bismillahirrahmannirrahim, Rapat Koordinasi Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak secara resmi Saya nyatakan dibuka."tutup Sekda.(*/Tr)

Lampung Way Kanan
Putra

Putra

Previous Article

Rembuk Stunting Kegiatan Konvergensi Penurunan...

Next Article

Satu Korban Luka, Polres Way Kanan Amankan...

Related Posts

Peringkat

Profle

INDONESIA SATU verified

Ratna Palupi

Ratna Palupi

Postingan Bulan ini: 145

Postingan Tahun ini: 653

Registered: Jan 24, 2021

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 124

Postingan Tahun ini: 907

Registered: Sep 22, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 122

Postingan Tahun ini: 558

Registered: Feb 19, 2021

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 86

Postingan Tahun ini: 387

Registered: Sep 25, 2020

Profle

Widian.

LIRA Aceh Tenggara Desak Kapolres Ungkap Misteri Tewasnya Wanita Muda Di Villa Ketambe
Pergi Malam Masih Sehat, Pulang Pagi Janda Muda Di Aceh Tenggara Sudah Jadi Mayat
Warga Amaliah Geger, Temukan Mayat Yang Sudah  Membusuk
Tim Reskrim Polres Nias Lakukan Cek TKP, Pj.Kades dan Bendahara Desa Miga Tidak Hadir
banner

Follow Us

Recommended Posts

Hadiri Pengukuhan DPP ISORI, Tarmizi Perkenal Pickleball ke Menpora Zainudin Amali
Tony Rosyid: Politik Identitas, Mengapa Dipersoalkan?
Prof. Dr. Syahrial Bakhtiar Resmi Jadi Ketua Umum Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia (ISORI)
Kapolri Copot Kewenangan Penyidikan 1.062 Polsek se-Indonesia
Kukuhkan Pengurus Pusat ISORI, Menpora Amali: Olahraga Sangat Penting di Saat Pandemi Covid-19 Ini